Berdamailah dengan Diri Sendiri

Setiap saat dalam momen tertentu semua orang pasti pernah mengagumi dirinya sendiri atau orang lain. Kadang juga menjelekkan diri sendiri dan orang lain pada saat-saat tertentu. Bahkan dalam diri sendiri kadang juga tidak bisa menerima kenyataan, kemudian sering terjadinya depresi, stress bahkan sampai bunuh diri.

Terkait hal ini, ada istilah yang populer, self esteem. Self esteem yaitu seberapa seseorang menyukai dirinya sendiri. Tingkat seseorang menyukai dirinya sendiri menentukan banyak hal yang akan terjadi dalam diri. Semakin Anda menyukai diri Anda sendiri, maka Anda akan semakin baik bertindak dalam bidang yang ditekuni.

Dengan pemahaman yang lain tingkat seseorang menyukai dirinya sendiri yaitu tergantung pada performa dalam dirinya. Ketika seseorang menunjuk masalah sesuatu di luar dirinya berarti orang tersebut tidak terlalu menyukai dirinya sendiri.

Jika seseorang mengenal dirinya sendiri, menyukai dirinya sendiri, maka setiap masalah pasti akan melihat dirinya terlebih dahulu tanpa menunjuk orang lain sebagai penyebabnya. Kesadaran dalam diri adalah kuncinya.

Sayangnya sering kita temui dalam kehidupan bahwa setiap masalah pasti menyalahkan orang lain tanpa melihat dalam diri individu terlebih dahulu, dan persoalan seperti inilah bisa disebut menyukai dirinya sendiri, tidak mengerti dirinya sendiri. Padahal jika setiap ada masalah mampu membalik bahwa melihat diri sendiri terlebih dahulu, maka jalan keluar akan cepat didapat, dunia akan terasa damai, hidup terasa indah, dan seseorang akan lebih mengenal dirinya sendiri.

Mengenal diri inilah yang kemudian kadang masih kita abaikan. Dengan mengenal diri sendiri artinya kita akan mengetahui seberapa potensi dalam diri kita sendiri, yang nantinya kejadian-kejadian seperti di atas kemungkinan tidak akan terjadi karena kita sudah mengenal diri sendiri, dan menyayangi diri sendiri.

Self esteem ini adalah inti kepribadian. Menyayangi diri sendiri terlebih dahulu inilah yang kemudian menentukan tinggi rendahnya keyakinan terhadap diri individu. Dalam pernyataan lain menurut Bossman Mardigu dalam videonya “Self esteem menentukan self concept dan self image“.

Semakin dalam mengenal diri sendiri akan semakin mudah dalam mengendalikan diri sendiri, dan semakin mudah pula mencapai sesuatu. Artinya korban depresi dan stress akan sangat berkurang hanya karena berdamai dengan diri sendiri.

Kita harus mengenali diri sendiri sebelum kita ingin dikenal orang lain. Kita harus menyayangi diri sendiri sebelum kita ingin disayangi orang lain. Kita harus menghargai diri sendiri sebelum kita ingin dihargai orang lain.

Dengan berdamai dengan diri sendiri segala sesuatu akan sangat akan sangan mudah dilakukan. Kekecewaan dan kegagalan akan diganti dengan lapang dada untuk menerima kenyataan ketika kita benar-benar bersahabat dengan diri sendiri.

Apalagi dalam ranah kehidupan percintaan, seseorang akan lebih menyayangi dirinya dahulu yang kemudian menerima orang lain dalam sebuah keyakinan. Bisa juga bertahan untuk tidak membuka hati dengan alasan terlalu nyaman dengan dirinya sendiri, bisa juga membuka hati sebanyak-banyaknya karena dirinya tak bisa ber-self esteem.

Kejadian-kejadian di atas adalah merupakan contoh bagaimana seseorang mengimplikasikan self esteem dalam diri seseorang. Karena sehebat apapun diri kita, sehancur apapun keadaan kita, tetap harus kita sayangi diri sendiri dengan baik.

About Amirul Mirza Ghulam 2 Articles
Lahir di Jombang , Jawa Timur

Be the first to comment

Monggo Komentare

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.