Makhmudul Fikri Nama : Makhmudul Fikri Tempat, Tanggal Lahir : Pasuruan, 17-12-2001 Jenis Kelamin : Laki-laki

Dedikasi Santri Untuk Negeri Demi Komitmen “Hubbul Wathon Minal Iman”

Makhmudul Fikri 1 min read 26 views

Indonesia adalah sebuah negara berpenduduk terbesar nomor empat di dunia, dengan beragam komposisi agama, etnis, suku dan budaya. Indonesia menjadi negara yang memiliki ciri-ciri dan struktur adat istiadat tersendiri. Menurut Badan Pusat Statistika ( BPS ) diperkirakan pada tahun 2020 penduduk Indonesia sebanyak 271.066.000 jiwa yang hampir 92% muslim di dalamnya didominasi santri.

Santri adalah seseorang yang belajar ilmu agama Islam di sebuah lembaga pendidikan dalam kurun waktu tertentu serta menetap disebuah tempat yang dikenal dengan Pondok Pesantren. Di era industri 4.0 seorang santri diharapkan memiliki karakter-karakter antara lain suka belajar hal-hal baru, mencari tantangan untuk mendukung proses pembelajaran, visioner, fleksibel, inovatif, aktif berkolaborasi merancang terobosan baru untuk menyelesaikan permasalahan, hyper technology, kritis, percaya diri serta bertakwa kepada Tuhan YME.

Semua itu agar menjadikan santri berintelektualitas tinggi dalam meningkatkan daya saing ketika menghadapi persaingan global dengan komitmen santri mengabdikan tenaga, pemikiran dan waktunya kepada negara. Sebagai generasi penerus bangsa yang akan menjadi akar bangsa Indonesia di masa mendatang harus dapat mewujudkan cita-cita dan tujuan nasional yang terdapat dalam Susunan Pembukaan UUD 1945.

Cita-cita tersebut merupakan amanah bagi kita seorang generasi muda yang harus kita capai bersama karena itu adalah amanat bangsa dan pelopor kemerdekaan bumi pertiwi. Bung Karno berkata “Berilah aku sepuluh pemuda maka akan kuguncangkan dunia”, yang menegaskan betapa pentingnya peran generasi muda khususnya santri. Baik buruknya kualitas suatu negara terlihat dari generasinya.

Generasi mudanya lah yang di kemudian hari membawa ke arah mana suatu bangsa ini akan berkarya. Secara kualitatif, santri lebih inovatif, memiliki idealisme murni dan mampu menyelesaikan masalah dengan tangan kreatif mereka. Sentuhan tangan mereka mewarnai wajah bangsa tak bosan-bosan untuk terus maju demi kemajuan. Gagasannya bagai hujan gerimis membahasahi hamparan tanah tandus sehingga tumbuh rerumputan hijau sebagai ekosistem baru tempat hewan-hewan berteduh dan memproduksi makanan.

Wocoen   Menapaki Jalan Baru Pengajian Kitab Kuning Online

Santri juga menyandang predikat sebagai orang yang membuat sejarah (people make history). Keberhasilan pondok pesantren dalam menciptakan sosok santri yang berintelektual tidak luput dari banyaknya tokoh-tokoh pemimpin negeri ini yang dilahirkan dari pesantren Indonesia seperti Kiai Haji Wahid Hasyim, Syaifudin Zuhri, Idham Cholid, Kiai Haji Maimun Zubair, Kiai Syaikhona Kholil, Kiai Haji Marzuqi Mustamar, serta masih banyak lagi. Sosok pemimpin tersebut dapat kita jadikan sebagai referensi dari segi kepribadian beliau, wawasan keilmuwannya dan lainnya.

Makhmudul Fikri
Makhmudul Fikri Nama : Makhmudul Fikri Tempat, Tanggal Lahir : Pasuruan, 17-12-2001 Jenis Kelamin : Laki-laki

Monggo Komentare

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.