Achmad Reza Rafsanjani Lahir pada tanggal 12, Agustus 1995 Alamat: Plumpang Tuban No hp: 085733141647 Email: achmadreza39@gmail.com

Menanamkan Pendidikan Pancasila Sejak Dini

Achmad Reza Rafsanjani 1 min read 25 views

Pendidikan adalah salah satu parameter dalam menentukan kemajuan sebuah bangsa dan menjadi faktor penting dalam pembanguan sumber daya manusia yang unggul. Tidak heran apabila masalah pendidikan kerap dikaji, diperhatikan dan diprioritaskan dengan harapan mampu mencetak sumber daya manusia yang berkompeten bagi kemajuan bangsa ini.

Persoalan seperti apakah di dalam pendidikan yang seharusnya perlu diperhatikan. Lantaran adanya kemunduran ideologi kebangsaan di dalam lingkungan dunia pendidikan. Muatan materi tidak menghadirkan kesadaran diri untuk aktualisasi nilai-nilai Pancasila karena cenderung hafalan dan lebih mengedepankan aspek kognitif dan mengabaikan aspek moral.

Maraknya kasus intoleransi dan lunturnya nasionalisme, menandakan adanya permasalahan dalam penerapan nilai-nilai Pancasila di kehidupan sehari-hari. Titik awal pembentukan sikap dan moral seorang anak melalui keluarga, lingkungan, dan sekolah. Hal ini diawali dengan menanamkan nilai-nilai Pancasila, dengan orang tua sebagai penanggung jawab utama.

Tantangan sebagai orang tua tentunya menjadi lebih berat di era digital ini, karena kemudahan memperoleh informasi. Kehadiran orang tua sebagai pemberi informasi kadang terabaikan. Misalnya, anak dapat secara mandiri mencari informasi yang diperlukannya tanpa harus bertanya ke orang tua.

Pancasila yang menjadi Dasar Negara Republik Indonesia tentu harus tertanam betul dalam hati setiap warga negara. Nilai-nilai falsafah pancasila menjadi pondasi dalam diri setiap anak agar kelak ketika anak itu dewasa memiliki karakter kebangsaan.
Memberikan pemahaman nilai-nilai Pancasila tidak berarti dimulai saat di bangku sekolah dasar. Penanaman nilai-nilai Pancasila sesungguhnya dapat kita lakukan sejak anak berusia dini. Usia dini menjadi waktu yang tepat untuk memulai menanamkan nilai-nilai Pancasila.

Anak usia dini dapat dikatakan sebagai tahapan awal pada perjalanan hidup manusia sebelum mencapai tahapan remaja dan dewasa. Tahapan ini merupakan pondasi awal untuk tahapan perkembangan selanjutnya. Masa usia dini adalah masa keemasaan, artinya pada masa inilah otak anak harus ditanamkan pendidikan nilai-nilai pancasila yang menjadi identitas diri saat anak dewasa.

Menanamkan dan membuat anak usia dini paham akan nilai-nilai Pancasila memang bukan hal yang mudah. Anak usia dini tentu belum bisa memahami Pancasila secara terperinci, akan tetapi mereka bisa memulai mengenal nilai Pancasila dalam aktifitas sehari-hari

Nilai-nilai Pancasila perlu diinternalisasikan, dilestarikan untuk membangkitkan spirit nasionalisme dalam mengisi kemerdekaan. Hal ini tidak akan terlaksana jika sepenuhnya diserahkan pada pihak sekolah, mengingat anak menghabiskan waktunya di rumah. Sehingga diperlukan strategi yang efektif agar penanaman nilai ini dapat terpatri selamanya, apapun eranya.

Achmad Reza Rafsanjani
Achmad Reza Rafsanjani Lahir pada tanggal 12, Agustus 1995 Alamat: Plumpang Tuban No hp: 085733141647 Email: achmadreza39@gmail.com

Monggo Komentare

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.