Muhammad Tareh Aziz Muhammad Tareh Aziz seorang jomblowan yang berstatus santri. Lahir di Gresik pada 5 september 1995. Beralamatkan di Bedanten Bungah Gresik.

Pergaulan Bebas dan Miras adalah Hal Biasa?

Muhammad Tareh Aziz 1 min read 11 views

Zaman semakin modern, jangankan pemuda-pemudi Indonesia, emak-emak pun turun serta hadir dan mengikuti perkembangan zaman, mulai dari foto selfie, tiktok, dan sebagainya. Fenomena ini tentunya akan menjadikan pergeseran moral di kalangan para generasi muda.

Salah satu faktor yang memengaruhi di sini adalah karena masuknya budaya-budaya barat ke Indonesia, mulai dari pergaulan bebas dan Miras (minuman keras) yang dikonsumsi oleh sebagian generasi muda. Di sebagian tempat, hal ini adalah hal yang sangat biasa. Hal ini bisa ditunjukkan dengan banyaknya fakta perempuan hamil di luar nikah.

Namun ada juga orang yang bilang, “terserah saya dong, ini adalah Hak Asasi Manusia”, dengan mengatasnamakan HAM, mereka lupa bahwa ada HAM orang lain yang harus dijaga. Contohnya saja dalam pergaulan bebas, ketika mereka mengatasnamakan HAM dalam hal itu, nantinya ketika mereka hamil lalu melakukan aborsi, padahal itu juga termasuk pelanggaran HAM yang sangat berat terhadap janin yang mau hidup. Begitu juga dengan orang yang mengonsumsi Miras, mereka berbuat semena-mena sebab mereka pada posisi yang hilang akal dan akhirnya meresahkan lingkungan sekitar. Dari fenomena tersebut keduanya adalah hal yang sudah menjadi biasa di lingkungan kita.

Padahal di sisi lain, Islam sangat melarang keras dengan kedua fenomena negatif di atas. Lantas bagaimana sikap kita menghadapi hal itu? Tentu ada beberapa tips untuk orang tua yang bisa dilakukan, di antaranya adalah:
Pertama, pengawasan orang tua terhadap anak yang tinggi. Namun juga bukan membatasi secara semena-mena apa yang dilakukan mereka. Orang tua juga harus selektif memilih mana yang baik untuk anak dan sebaliknya.

Kedua, peran agama. Dengan adanya pengetahuan agama yang mendalam, akan membuat mereka tahu bahwa gejala di atas adalah hal yang sangat dilarang oleh agama. Oleh sebab itu, seyogyanya kalau kita sebagai orang tua kurang bisa untuk memberikan ilmu tentang agama, maka bisa dilakukan dengan memondokkan mereka. Lantas bagaimana cara agar anak-anak kita mau untuk mondok? tentu kenalkanlah mereka tentang pondok pesantren sejak dini.

Wocoen   Menyikapi Sebuah Pertengkaran

Namun, bagaimana tips untuk diri kita sendiri agar tidak ikut terjerumus dalam lingkaran api? maka, bangunlah komunikasi yang baik dengan orang tua, tingkatkan iman dan tanamkan nilai moral pada diri sendiri, selektif dalam berteman dan batasi penggunaan media sosial.
Dengan tips-tips di atas, semoga para generasi muda tidak terjerumus dalam kedua hal yang sudah trending di masyarakat tadi, karena mencegah itu lebih baik daripada mengobati.

Muhammad Tareh Aziz
Muhammad Tareh Aziz Muhammad Tareh Aziz seorang jomblowan yang berstatus santri. Lahir di Gresik pada 5 september 1995. Beralamatkan di Bedanten Bungah Gresik.

Monggo Komentare

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.