Anwar Ibrahim seorang santri yang dikeluarkan 2 kali dari 1 pondok pesantren yang sama. Berdomisili dan sedang melakukan study abal-abal di kota malang. S1 Hukum tata negara UIN MALIKI Malang.

Rokok; Selera, Tanggung Jawab dan Inspirasi

Anwar Ibrahim 45 sec read 17 views

Sampai tengah malam saya masih tidak bisa tidur, saya ambil rokok, minum susu, dan menikmati kombinasi keduanya. Sedikit aneh, tapi apa salahnya menabrak kelaziman?

Di saat manusia lain “menikahkan kopi dengan rokok” sebagai satu pasangan yang sah. Sehingga menganggap memasangkan rokok dengan teh, rokok dengan susu bukan suatu hal yang wajar. Ini jelas diskriminasi.

Sesuai selera masing-masing, manusia memiliki selera yang haram untuk dijadikan perdebatan. Jadi biarlah yang sedang berselera kepada teh memilih teh, yang sedang berselera kepada kopi memilih kopi dan yang sedang berselera kepada susu memilih susu.

Setelah itu, sebagai lelaki, saya bertanggung jawab penuh atas setiap hisapan rokok yang saya pegang. Saya dengan kesadaran penuh membeli, menyalakan dan menghisapnya.

Saya rasa ini penting untuk kita, “kesadaran atas apa yang kita lakukan”. Dengan kesadaran yang hadir dalam setiap perilaku kita, sudah cukup membekali kita menjadi pribadi yang hati-hati dan penuh tanggung jawab.

Rokok semakin sedikit. Saya diam saja sekitar lima menit, hati saya tiba-tiba kalut. Tiba-tiba saya dapat wangsit berpuisi ria di waktu yang katanya doa-doa akan dengan mudah dikabulkan.

Masalah berikutnya muncul, ada angan di dalam kepala yang sukar untuk saya sampaikan, saya berusaha penuh memeras otak. Sampai akhirnya saya tahu.

Malam yang ditemani rokok, mendatangkan banyak inspirasi-inspirasi dan kesadaran-kesadaran. Hingga membuatku mampu memberanikan diri berpuisi atas nama hati.

Wocoen   Syukurlah, Masih Tetap Manusia
Anwar Ibrahim
Anwar Ibrahim seorang santri yang dikeluarkan 2 kali dari 1 pondok pesantren yang sama. Berdomisili dan sedang melakukan study abal-abal di kota malang. S1 Hukum tata negara UIN MALIKI Malang.

Monggo Komentare

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.